Tips n Trik Membaca Novel bagi yang benci membaca(Tips Reading Novel for reading Haters).

book-books-literature-model-reading-Favim.com-155268    hai Sobat blogger,.ketemu lagi dengan postingan saya yang berjudul tips n trik  membaca Novel yang dimaksudkan agar tidak bosan membacanya,.

Banyak orang  yang senang membaca novel. Selain menghibur juga bisa mengembangkan imajinasi pembacanya. Setiap orang memiliki kebiasaan sendiri ketika membaca novel. kalau buat saya membaca novel lebih menarik daripada ngobrol dengan teman dan menyinggung setiap pembicaraan. Karena aktivitas membaca berbeda dengan menonton televisi, saya memiliki sejumlah tips untuk membaca novel.tapi ini bukan sebagai acuan yah teman-teman,hanya sebagai bahan dasar membaca aja. Berikut langkah-langkah yang sering gue pakai :

Pertama, Imajinasi. Ketika baca novel: imajinasi kita harus dituntut. Jangan berpikir dengan gagasan yang anda peroleh dari resensi buku atau pendapat orang lain. dan juga jangan takut untuk jumlah halaman yang banyak, pasti bisa selesai kok membaca novelnya.  terkadang ada sebagian orang yang sudah mulai malas membaca ketika melihat isi dari halamannya yang banyak, saran saya adalah Nikmati saja. Tahap pertama membaca novel ialah menikmatinya dan membayangkan dari setiap cerita agar lebih menarik, bukan membuat analisa.😀 dijamin pasti bakalan terbawa suasana cerita di dalamnya.

Kedua, Ingat tokoh. Ingat tokoh-tokoh yang sering muncul dalam novel. siapa tokoh antagonis, yang baik dan yang misterius,. Begitu juga dengan lokasi. dijamin pasti bakalan ada tokoh yang menjadi idola kamu.

Tiga, sebaiknya dibaca berurutan dari bab pertama hingga bab terakhir. Jangan meloncat-loncat seperti kutu loncat gtu,.ahahah😀 . karena  kalo tidak Hal ini akan mengganggu alur cerita. Novel biasanya disusun untuk dibaca secara berurutan. fatal akibatnya klo tidak dibaca secara berurutan,.seperti orang bicara trus gk nyambung gtu,.kan jadi kyk orang gilak,.wkwkw😀

Empat, perhatikan setiap adegan dan apa maksudnya. Novel yang baik akan membuat pembacanya tertarik terus untuk menyelesaikan novel bacaannya. Oleh karena itu sering novelis membangun adegan yang menarik dan membuat penasaran, Novel karya Stephanie meyer(the Twilight) dan JK Rowling(itu tuh harry potter) sangat menarik sejak halaman pertama hingga halaman terakhir. pasti bakalan terbawa kedalam setiap plot cerita dari novel itu.

Lima, saat membaca cari waktu dan tempat yang menyenangkan. Saat membaca novel sebaiknya pada waktu dan tempat yang PAS. Tak menarik membaca buku di tengah keramaian atau di hadapan televisi, karena pasti akan mengganggu konsentrasi. jadi bacanya di toilet (hahaa) atau dimana aja,yang penting nyaman.

Enam, Niat membaca pada diri sendiri. Niat juga harus ada dalam setiap membaca, jangan malas ketika membaca novel karena dapat membuat pikiran jadi buyar( tidak nyambung) jadinya gak bisa menghayati isi dari plot cerita novel yang dibaca,.
Demikian tips dari saya,  semoga dapat membantu buat teman -teman yang tidak hobi membaca novel menjadi peminat novel.
dan jangan salah,.para pembaca novel biasanya jauh lebih rileks  dan tidak pernah kesepian karena Biasanya kalo saya sedang kesepian saya selalu membaca novel dan jadi lupa deh sama yang namanya waktu,. hahaha😀

Categories: info, Uncategorized | Tags: , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Tips n Trik Membaca Novel bagi yang benci membaca(Tips Reading Novel for reading Haters).

  1. mbak.. ijin share ya..🙂

Caution..!! Don't Spam,.Do you have a Comment,?Write Here. ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: